Realme UI 3.0 Resmi Dirilis, Ini Daftar Handphone yang Dapat Update

HaloBogor.ID — Kabar gembira bagi pencinta smartphone merek Realme. Pasalnya, pada 13 Oktober 2021 kemarin, perusahaan raksasa smartphone China, Realme, resmi merilis sistem operasi baru, yaitu Realme UI 3.0.

Peluncuran sistem operasi Realme UI 3.0 dilakukan bersamaan dengan peluncuran produk Realme GT NEO 2. Acara peluncuran produk dan software baru tersebut dilakukan secara online melalui kanal YouTube “realme India”. Launch Event tersebut disambut hangat oleh Realme Global Community (fans setia Realme).

Mari kita lanjut bahas tentang Realme UI 3.0.

Realme UI 3.0 merupakan sistem operasi yang berbasis Android 12. Artinya, Realme UI 3.0 merupakan pengembangan khusus dari developer Realme dengan mengandalkan sistem operasi Android 12. Pengembangan khusus tersebut merupakan permintaan dari Realme Global Community.

Menurut Alessio Bradde, Product Marketing Manager Realme, pengguna Realme sebagian besar adalah anak muda. Para anak muda ini menginginkan tampilan tatap muka (user interface) yang lebih menarik dan elegan.  Pokoknya, mereka ingin beda dan ingin desain yang anak muda bangetlah!

“Dengan mengumpulkan feedback terus-menerus dari pengguna, kami mengembangkan terobosan baru Realme UI 3.0. Harapannya, pengguna akan merasakan pengalaman yang mengesankan saat menggunakan smartphone Realme.” kata Alessio dalam acara Realme GT NEO 2 launch event, India (13/10).

Mengusung konsep fluid space design, Realme menawarkan tampilan user interface (UI) baru yang lebih elegan dengan performa yang cepat. Realme UI 3.0 mampu menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih kaya. Berikut beberapa kelebihan Realme UI 3.0:

  1. Ikon 3D yang ciamik.
  2. Richer color rendering.
  3. Tipografi fitur, menu dan text yang memukau.
  4. Advanced personalization.
  5. Peningkatan fitur fluid experience dari Realme UI 2.0.
  6. Performa jauh lebih cepat dan dinamis.
  7. AI Smooth Engine.

Investigasi jurnalistik kami lanjutkan. Dan kami mendapatkan informasi menarik lainnya.

Melansir dari Suara.com, Palson Yi (Direktur Marketing Realme Indonesia) mengatakan, “Realme merupakan tech trendsetter. Maka dari itu, Realme terus berinovasi untuk menciptakan terobosan baru pada user interface (UI) yang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak muda saat ini.“.

“Produk terbaru kami, Realme UI 3.0 memiliki semangat anak muda yang membara. Sehingga, kami mencanangkan slogan “Seamless Fun” untuk merepresentasikan Realme UI 3.0.”.

“Realme UI 3.0 menyajikan fitur yang mendukung kreativitas, produktivitas dan interaksi sosial bagi anak muda di seluruh dunia. Dan tak lupa, Realme juga meningkatkan fitur privasi dan keamanan data dari penggunanya.” ungkap Palson Yi.

Semakin penasaran dengan inovasi terbaru Realme UI 3.0?

Biar kamu makin jelas, silakan simak gambar ilustrasi di bawah ini:

Inovasi Realme Ui 3.0
Fitur terbaru pada Realme UI 3.0

Realme UI 3.0 memiliki beberapa fitur baru yang keren. Fitur-fitur baru tersebut mencakup sebagian besar perubahan yang diperkenalkan Google pada pembaruan Android terbaru (Android 12).

Menurut hasil investigasi kami, Realme UI 3.0 memiliki tampilan visual yang lebih segar. Ada ikon 3D baru dan tata letak UI baru yang terlihat lebih luas.

Ada juga dukungan personalisasi AOD (Always On Display) dan floating window 2.0. Bagian yang paling menarik adalah peningkatan kinerja yang signifikan. Pengguna akan merasakan pengalaman mengakses smartphone yang jauh lebih cepat daripada sebelumnya.

Developer Realme juga meningkatkan fitur privasi dan keamanan di dalam Realme UI 3.0. Sehingga, kamu akan lebih mudah mengelola data-data penting di dalam ponselmu.

Sampai di sini, mungkin kamu menjadi sangat tertarik dan antusias. Dan kamu ingin segera mencobanya.

Namun, ternyata tidak semua produk Realme sudah compatible dengan Realme UI 3.0. Berikut gambaran roadmap dari Realme dalam pembaruan sistem operasi dari produk-produknya.

Jadwal Pembaruan Realme Ui 3.0 Pada Berbagai Produk Realme
Roadmap Realme UI 3.0 pada berbagai produk Realme.

Dari roadmap di atas terlihat jelas, bahwa tidak semua produk Realme mendapatkan update sistem operasi Realme UI 3.0. Hal ini karena pihak developer Realme perlu melakukan penyesuaian software dengan perangkat Realme lainnya.

Beberapa produk smartphone Realme yang nantinya mendapatkan update Realme UI 3.0 secara resmi:

Tanggal Rilis Update Realme UI 3.0Perangkat yang Mendapatkan Update
Oktober 2021Realme GT 5 G.
Desember 2021Realme GT Master Edition, Realme GT Neo 2, Realme X7 Max 5G, Realme 8 Pro.
Q1 (Awal tahun), 2021Realme X7 Pro 5G, Realme X50 Pro 5G, Realme 8, Realme 8i, Realme 7 Pro, Realme Narzo 50A, Realme Narzo 30, Realme C25, Realme C25s.
Q2 (Pertengahan tahun), 2021Realme X7 5G, Realme X3, Realme X3 SuperZoom, Realme 8 5G, Realme 8s 5G, Realme Narzo 30 Pro 5G, Realme Narzo 30 5G.

Terakhir, untuk saat ini Realme UI 3.0 masih produk BETA. Pihak Realme belum mengkonfirmasi kapan mereka akan mulai meluncurkan versi stabil dari Realme UI 3.0 ke perangkatnya secara luas. Jadi, untuk pengguna perangkat Realme selain produk di atas, kamu harus bersabar terlebih dahulu.

Artikel Terkait
Inilah Jadwal FYP TikTok Terbaik 2021
Oleh • 1 tahun yang lalu

Tinggalkan komentar